Asal-Usul Kuyang

Kalau yang senang nonton film horor pasti tahu kisah mengenai Kuyang. Kuyang adalah spirit atau roh jahat yang melegenda di Pulau Kalimantan. Kuyang terlihat seorang wanita, kalau terbang akan meninggalkan bagian organ-organnya. Walaupun entah ada maksud apa, namun membuat kita jadi tambah takut.

Seram banget, kalau malam-malam sedang jaga ronda ada Kuyang, bakalan lari. Kuyang mempunyai taring di kanan dan di kiri mulutnya. Kuyang sering banget disebut sebagai roh jahat yang mungkin tidak diterima dan gentayangan.

Untuk mengelabui korbannya, Kuyang biasanya terbang. Konon katanya asal-usulnya dari manusia yang mencari ilmu hitam. Ngeri juga yah berurusan dengan ilmu hitam, pasti ada banyak efek negatifnya.

Kata orang Banjar Kuyang takut dengan bawang merah. Selain itu Kuyang takut dengan cermin, sisir, pisau dan rumut jariangau. Tidak mengerti apa  yang membuat Kuyang takut dengan benda-benda tersebut.

Tidak hanya itu, tali ijuk juga sangat ditakutin Kuyang. Ijuk diletakkan di  dinding atau pelindung rumah. Caranya dengan meletakkan dan mengikat tali ijuk di sekeliling bagian atas rumah.

Cara untuk menghalau Kuyang dan menghilangkan ilmu jahat. Adalah dengan mencari bagian dari tubuhnya yang ia tinggalkan. Kemudian ditusuk dengan benda tajam, dan akan menjadikan Kuyang kehabisan tenaga dan mati karena lemas.

Kalau malam berada di wilayah yang ada Kuyang, maka perlu waspada. Bawa teman akan lebih aman. Kalau sedang ke toilet yang jauh dari rumah, bisa ngacir kalau ngeliat Kuyang.